Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , » MALAM 10 MUHAROM MANDI KUNGKUM DI WISATA SUMBER JATIPOHON

MALAM 10 MUHAROM MANDI KUNGKUM DI WISATA SUMBER JATIPOHON

Grobogan Metro Realita
Kades Jatipohon Eni Indarwati(43) mengajak masyarakat desanya untuk bareng nyemplung kungkum de sumber mata air kehidupan.
Desa Sumber Jatipohon berad dilokasi
kendeng utara Kabupaten Grobogan.Desa yang asri sejuk dan tenang ini dikenal oleh masyarakat luas hingga mancanegara sebagai desa yang memiliki peninggalan sejarah sebagai desa potensi wisata.
Wujud kebersamaan dalam hidup bergotong royong sebagai bukti kuat dalam adat dan budaya yang tak pernah hilang.
Malam ini (10/10) bertepatan pada malam keramat 10 Muharom 2016 Eni Indarwati sudah mempersiapkan tumpengan nasi ingkung ,urap gudangan dan ikan laut yang sudah diletakkan pada bagian sudut selatan kolam renang sumber tersebut.
Sebelum acara dimulai tepat pukul 22.30 WIB diadakan pembacaan Do'a bersama asma'ul qusnah membaca yasinan dan surat nariyah.
Dalam upacara adat selamatan pada malam 10 Muharom tersebut hadir Kepala Dinas Pariwasata dan yang mewakili,seluruh perangkat desa dan BPD Sumber Jatipohon,santri Pondok Pesantren Atap Dzikir Kaliaren,PKK Dharma Wanita,Jamaah Masjid Baitul Sadiqin,Keamanan dari TNI dan POLRI anggota Polsek Grobogan beserta seluruh warga yang hadir.
Dalam sambutanya Kades Sumber Jati pohon mengajak agar semua masyarakat tetap hidup dalam kerukunan bersama tanpa meninggalkan adat budaya ini."saya berterima kasih khususnya tamu undangan beserta warga Jatipohon cintai pada malam ini kita akan bersama menjaga kelestarian potensi wisata di Grobogan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi pada malam ini mari kita berkumpul bersama untuk nguri uri budaya jawa supaya kita dapat diberi kesehatan keselamatan dan dijauhkan dari bencana alam."ungkap kades
Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bareng "kempul bujono ondro wino" (Makan ikan dan mandi bareng) ,sesuai dengan adat tradisi yang diyakininya maka untuk mandi di kolam renang tersebut bagi perempuan disebelah timur dan laki laki di sebelah utara.
Acara ini untuk nyerap wisata ,karena ditunjuk sebagai desa wisata,Kades Eny Indarwati didampingi oleh Sekdes Warsito,Ketua BPD Supratinyo dalam acara malam 10 Muharom dapat Nguri~Uri Budaya Jawa bersama penggerak wanita lingkungan Rt 01 rw 02 Desa Sumber Jatipohon(Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...