Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , , , , , , » Motong Kerbau Dan Hiburan Dangdut Acara Sedekah Bumi Di Pasiraman Brati

Motong Kerbau Dan Hiburan Dangdut Acara Sedekah Bumi Di Pasiraman Brati

Din warga pasiraman Brati malam ini Persiapkan
Panggung Besar acara Sedekah Bumi Dangdutan
Grobogan Metro Realita
acara penjamasan Bende Becak Desa Katekan Dukuh Pasiraman Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan akan dilaksanakan Besuk Jum'at Pahing
(18/11) di rumah Purwono (45)warga Dukuh Pasiraman Brati.
Konon Bende Becak ditemukan oleh warga dan hingga kini telah dirawat oleh warga sehingga telah berjalan turun temurun memiliki kekuatan yang sakral diyakini mendatangkan barokah bagi warga sekitarnya seperti pertanian yang dubur dan dijauhkan dari malapetaka atau bencana alam.
Ritual akan dilaksankan pada pagi hari dengan acara memotong kerbau satu ekor yang kemudian dilanjutkan dengan menjamas Bende Becak yang dianggap keramat tersebut keliling kampung kemudian dimandikan ke sendang yang letaknya di Pasiraman Brati.
Agenda acara akan dilanjutkan pada pukul 09.30 WIB dengan hiburan dangdut ,yang sudah dipersiapkan dengan ukuran panggung  besar dengan artis lokal terkenal di Kabupaten Grobogan.
Setelah melakukan tradisi iringan Bende becak di bawa kesendang kemudian baru setelah dimandikan ,konon air dari Bende becak dapat membawa berkah.
Warga Desa Pasiraman Brati Din (34) mengatakan ,"acara ritual besok pagi maksudnya adalah menjamas benda bende becak peninggalan sejarah pada masa abad lampau,bende becak tiap tahun yang ditempatkan pada posisi tengkurap rencana besok akan dibalik menengadah keatas,kemudian akan digunakan untuk mengambil air dari sendang yang terdekat di desa ini.
Biasanya setelah dijamas setahun sekali bende becak yang awalnya tengkurap setelah dibuka menengadah keatas akan timbul isinya berbeda seperti tasbih, dan beberapa benda yang akan timbul setiap tahun sekali lain bahkan Bende Becak diyakini oleh masyarakat khusunya petani bosa membawa berkah bagi kesuburan tanah dan tanamanya."ungkap din.
Upacara Adat sedekah bumi Menjamas dan memandikan  sebuah pusaka bewujud bende peninggalan dari kerajaan Demak, yang dilakukan setahun sekali pada hari Jum’at Pahing bulan Sapar di Dusun Pasiraman, desa Kathekan, Kec. Brati sebagai perwujudan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.(Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...