Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , , , , , , , , , , , » Penyelundupan Jeruk Berhasil Digagalkan Di Pelabuhan Tanjung Perak,22 Triliun Selamat

Penyelundupan Jeruk Berhasil Digagalkan Di Pelabuhan Tanjung Perak,22 Triliun Selamat

Pedagang Buah Depan Pasar
INDUK purwodadi Menunggu
Jeruk Jenis Santang dari China
Grobogan Metro Realita
Pedagang buah di pasar induk Purwodadi masih menunggu stok Jeruk kecil manis yang dikenal masyarakat Kabupaten Grobogan sebagai Buah Jeruk Santang.
Jeruk jenis santang
ini meski ditunggu mulai  akhir pekan lalu hingga menjelang tahun baru hari ini Sabtu (24/12) tidak kunjung tiba.
Sedangkan buah jenis mangga akhir Desember mendatang sudah tak ada stok karena bulan desember musim buah rambutan dan kelengkeng.
Tomo (56)warga Desa Temon Dukuh Ngriggo yang buka lapak di Depan pasar Induk Purwodadi mengatakan."saat ini baru musim rambutan,salak,sirsat,apel,pisang dan apokat,inipun hasil dari panen lokal di daerah Jawa tengah seperti Bandungan ,Pati ,Brati Grobogan yang merupakan daerah dataran tinggi,mendekati tahun baru harga buah naik mencapai Rp 2000/Kilogram.Untuk buah impor sekarang sulit didapat sehingga pedagang menjual buah dari produksi lokal saja."ungkap Tomo.
Biasanya pedagang membeli buah dari petikemas Pelabuhan  Tanjung Perak Surabaya Namun sampai saat ini keberadaan Jeruk Kecil biasa disebut Santang sudah langka.
Kelangkaan buah Jeruk Kecil Manis dari China disebabkan karena sebanyak 600 ton lebih buah jeruk asal China digagalkan masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Jeruk ini digelapkan dengan modus komoditas ekspor yang dikemas dalam 34 kontainer ukuran 40 feet.Dalam dokumen impor barang tersebut tertulis buah pir dan apel.namun setelah dicek, buah jeruk lebih banyak, hampir 50 persen berisi buah jeruk.
Gagal beredarnya jeruk impor ini berhasil menyelamatkan Rp 2,2 triliun.(bagus murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...