Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , , , , , , , , , » Ziarah Makam Leluhur Rangkaian Hari Jadi Grobogan Ke~291 Tahun 2017

Ziarah Makam Leluhur Rangkaian Hari Jadi Grobogan Ke~291 Tahun 2017

Bupati Grobogan Hj.Sri Sumarni,SH Ziarah Ke Makam
Leluhur Bersama FKPD Grobogan
Grobogan Metro Realita Cyber
Rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Grobogan Ke-291 tahun 2017, Bupati Grobogan Hj.Sri Sumarni SH.MM bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD dan pejabat di lingkungan Pemkab
setempat,dan tokoh masyarakat melakukan ziarah ke makam para leluhur, pada Sabtu (4/3) pukul 11.30 WIB.
Hari jadi yang tepat pada 4 maret 2017 dipenuhi dengan berbagai acara diantaranya dimulai pada 26 Februari 2017, dengan menampilkan expo gelar budaya, yang dilaksanakan sampai 11 Maret 2017. Pada acara yang bertempat di lapangan desa Grobogan tersebut, dibuka oleh bupati Grobogan Sri Sumarni, SH, MM. Pada expo tersebut dipentaskan beberapa kesenian daerah Grobogan, drumblek, drumband dan band. Selain itu juga terdapat beberapa stand, yang memamerkan kuliner dan makanan ringan asli Grobogan, juga fosil purba yang ditemukan di desa Banjarejo kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan. Pada tanggal 2 Maret diadakan tradisi kirab Boyong Grobog, dari pendopo kawedanan Grobogan menuju ke pendopo Kabupaten Grobogan.
Puncak acara pada (4/3) ziarah makam,kemudian pada (6/3) kirab budaya di Purwodadi.
Pada (4/3) inilah ditetapkannya hari jadi Kabupaten Grobogan, diangkatnya Ngabehi Wongsodipo menjadi Bupati pertama di Kabupaten Grobogan.Pengangkatan dilaksanakan oleh Sunan Amangkurat IV, pada hari Senin 21 Jumadilakir 1650 atau pada tanggal 4 Maret 1726. Dari catatan sejarah tentang kabupaten Grobogan menceritakan, bahwa setelah diangkat menjadi bupati di Grobogan.
Setelah selesai Acara Pelaksanaan Tradisi Boyong Grobog kemudian dilanjutkan dengan acara ziarah ke Makam leluhur menuju makam Pangeran Adipati Puger di Kecamatan Grobogan, Ki Ageng Getas Pendowo di Kecamatan Purwodadi, Ki Ageng Selo dan makam Ki Ageng Tarub di Kecamatan Tawangharjo. “Kegiatan ziarah ini rutin dilakukan dalam setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan.
Ziarah sendiri dibagi dalam dua rombongan. Rombongan pertama Bupati bersama dengan Ketua DPRD Agus Siswanto, Kapolres AKBP Agusan Gurning dan Kajari Edy Handojo dan sebagian Kepala SKPD ziarah ke Makam Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Tarub di Kecamatan Tawangharjo.
Sedangkan rombongan kedua yakni Plt Sekda Mokh Nursahid, Dandim 0717 Purwodadi, Kepala Pengadilan Negeri Purwodadi dan Ketua PA Purwodadi, serta sebagian Kepala SKPD ke makam Getas Pendowo di Kecamatan Purwodadi dan ke Makam Pangeran Adipati Puger di Kecamatan Grobogan. Dalam kesempatan itu, baik bupati maupun Plt Sekda membagikan sembako kepada warga sekitar.
Sebelum ziarah, Bupati dan para pejabat serta berbagai undangan melangsungkan upacara Hari Jadi yang dirangkai dengan HUT Satpol PP dan Hari Jadi Pemadam Kebakaran di Alun-alun Purwodadi.
Dalam kesempatan ini Bupati Grobogan Hj.Sri Sumarni,SH.MM mengatakan." Ziarah ini juga dimaksudkan sebagai cara untuk mengenang dan napaktilas perjuangan dan jasa para leluhur dalam sejarah perkembangan awal mula Kabupaten Grobogan,” ujarnya
Bupati Sri Sumarni meminta agar momentum Hari Ulang Tahun ke- 291 ini dijadikan sarana untuk berbenah. Yakni, membenahi semua kekurangan yang masih terlihat pada tahun-tahun sebelumnya. Khususnya, dalam masalah memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Hal itu ditegaskan bupati saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT Grobogan tersebut.
“Dalam usianya yang hampir tiga abad ini, sudah banyak prestasi yang dicapai Kabupaten Grobogan. Baik di kancah Jawa Tengah maupun nasional. Hal itu tentunya dinilai cukup membanggakan,”ungkapnya.(Bagus Murgan)

JADWAL KEGIATAN HARI JADI KAB.GROBOGAN KE-291,HARI DAMKAR KE-98 DAN HUT SATPOL PP KE-67 TAHUN 2017
1. Jumat, 10 Februari 2017 pukul 08.00 Jamas Pusaka .Tempat :Gedung Musium lokal kab.Grobogan
2. Kamis, 2 Maret 2017 pukul 11.30. WIB  Boyong Grobog .Tempat : Dari kelurahan Grobogan ke Kota Purwodadi.
3. Jumat,3 Maret 2017 pukul 07.00 WIB Khotmil Quran. Tempat di Pendopo kabupaten.
4. Jumat, 3 Maret 2017 Pukul 20.00 WIB Malam Tirakatan dan Pukul 24.00 Pagelaran wayang Berkah. Tempat Pendopo kabupaten.
5. Sabtu,4 Maret 2017 pukul 07.30 Upacara Hari Jadi kab.Grobogan ,hari Damkar dan Satpol PP. Tempat Alun-alun Purwodadi.
6. Sabtu,4 Maret 2017 pukul 10.00 WIB Ziarah Makam .Tempat : Makam Ki Ageng Tarub,Makam Ki Ageng Selo, Makam Ki Getas Pandawa dan makam Adipati Puger serta bakti sosial warga di sekitar makam.
7. Senin, 6 Maret 2017 pukul 12.30 Parade Seni Budaya . Start Jl.Gatot Subroto -Finish SMA 1 Negeri Purwodadi.
8. Selasa,7 Maret 2017 pukul 08.30 WIB Bhakti Sosial .Tempat Pendopo kab.Grobogan.
9. Jumat,10 Maret 2017 Pukul 20.00 WIB Pentas Ketoprak .Tempat Halaman Setda kab.Grobogan.
10. Sabtu, 11 Maret 2017 pukul 20.00 WIB Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Bayu Aji dari Surakarta dengan bintang tamu : Bagong Ambarawa,Eka kebumen dan Safitri Kembar.
11. Minggu, 26 Maret 2017 pukul 06.30 WIB Grobogan Berdzikir .Tempat Halaman setda dan pendopo kab.Grobogan.

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...