Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , » Harga Durian Paling Murah Di Depan BRI Alun Alun Purwodadi

Harga Durian Paling Murah Di Depan BRI Alun Alun Purwodadi

Grobogan Panen Durian 
Metro Realita Cyberthug
Disepanjang jalan R.Suprapto ,Jalan A.Yani dan Alun alun Purwodadi
pedagang buah Durian nampak ramai diserbu pengunjung.
Harga durian sangat murah Perbuah mencapai Rp.25.000,~hingga Rp.35.000,~. Daerah penghasil buah durian terbanyak di Pegunungan Kendeng bagian utara Kabupaten Grobogan karena disitu tanahnya merah dan cocok untuk buah buahan lainya seperti buah pundung dan buah rambutan.
Pada musim panen buah durian tiba pada Sabtu (18/11) pukul 19.30 WIB pemandangan terlihat di beberapa titik ruas jalan di Kota Purwodadi Grobogan tepatnya depan BRI Alun Alun Purwodadi, yang biasanya sepi menjadi ramai, baik oleh para penjual buah Durian maupun warga yang hendak membeli untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh maupun untuk dimakan di tempat.
Selain bagian pegunungan utara di wilayah timur Kecamatan Wirosari Desa Karangasem,Ngrenjah,dan Sumberagung Kabupaten Grobogan sangat berpotensi dan memiliki lahan subur untuk buah durian.
Pedagang buah Durian dan Pundung Rikan (32) warga Gebangan Rt 05 Rw 05 Kecamatan Grobogan yang mangkal Depan BRI Alun Alun Pursodadi saat ditemui mengatakan."bulan ini Nofember tiba saatnya saya memetik buah durian dan langsung menjualnya,namun pada bulan oktober lalu saya sudah membeli tiap satu pohon durian di petani seharga Rp.1.500.000,~hingga Rp.2.000.000,~,istilahnya saya tebas mas,pada masa buah durian sudah besar saya mengundang buruh untuk memanjat dan mengikat buah durian yang masih diatas pohon dan tiap pohonya saya kasih bayaran Rp.150.000,~hal ini saya lakukan supaya buah durian tidak jatuh ketanah.
Bila ada buah durian yang jatuh sdndiri diatas pohon,syaratnya harus diikat kembali keatas dan sekalian mengikat buah lainya dengan tali rafia,supaya tumbuh subur dan rasanyapun manis,alhamdulillah tahun ini saya sudah menebas pohon durian sebanyak 3000 pohon dan semua buahnya laku terjual."ungkap Rikan Gembira.

Pemandangan semacam itu sudah pasti berlansung setiap musim panen buah durian, termasuk pada tahun ini, tumpukan buah yang dijajakan oleh Rikan diatas mobil L 300 Pic up depan BRI Purwodadi.
Kalau musim durian sudah tiba, apalagi baru minggu pertama panen, biasanya banyak diburu warga dan cepat habis kalau minggu pertama dan kedua musim panen, satu buah durian ukuran besar harganyapun sangat murah.
Fenoma Kabupaten Grobogan selain hujan deras,di desa desa masih dilanda banjir namun saat ini bagi pedagang durian pada musim panen memang menjadi masa paling membahagiakan bagi penjual maupun petani durian, karena bisa meraup untung yang besar.(RH Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...