Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , , , , , » Jalan Longsor Perlu Penangan Serius Karena Satu Satunya Akses Penghubung Jalan Desa Asemrudung

Jalan Longsor Perlu Penangan Serius Karena Satu Satunya Akses Penghubung Jalan Desa Asemrudung


Jalan Longsor Desa Asemrudung Perlu Penanganan Serius
Grobogan Metro Realita Samber Cyber
Lonsornya jalan Asemrudung karena konservasi tanah yang peka
erosi.Longsornya jalan tersebut karena gerusan air hujan yang cukup tinggi dan tanpa dikelilingi  dempingan trucuk.
Padahal jalan longsor yang baru saja dikerjakan ini merupakan jalan satu satunya akses jalan yang dapat dikategorikan sebagai jalan dengan fungsi lokal di daerah pedesaan sebagai penghubung antar desa atau kekota dan sebagai penghubung hunian perumahan dan sebagai penghubung desa ke kecamatan kabupaten lain.
Kondisi jalan Asemrudung yang longsor sekitar 15 meter dapat  membahayakan kendaraan yang lewat karena tebingnya kedalaman 5 meter dan dapat berakibat hubungan dan komunikasi dengan tempat lain terhambat,sulitnya pengiriman sarana produksi ke desa,serta pengiriman hasil produksi ke pasar, baik yang di desa maupun yang di luar Desa dan memperlambat jasa pelayanan sosial, termasuk kesehatan, pendidikan, dan penyuluhan.
Warga Desa Asemrudung melakukan penanganan cepat darurat untuk memperbaiki jalan longsor teraebut dengan cara membendung tebing jalan yang sudah longsor.Padahal Jalan Asemrudung adalah satu satunya penghubung antar Kabupaten maupun Desa lain.
Upaya menanggulangi longsor susulan dan menjaga jalan tidak semakin parah pada minggu siang pukul 09.00 WIB (10/12)
Warga Asemrudung memperbaiki jalan dengan upaya pengendalian tanah dan batu yang sudah mengalami erosi longsoran pada jalan sebagian warga mengamankan jalan yang sudah longsor diberi bambu sebanyak 3 tahap secara berdiri untuk menahan gerusan air yang menjadi sumber erosi.
Beruntung Warga bersama banser Asemrudung memperbaiki kerusakan jalan kabupaten yang menuju Desa Asemrudung Geyer Grobogan secara cepat karena dikhawatirkan bila hujan akan terjadi longsoran lagi.
Ketua Ranting GP Ansor Asemrudung Santoso(45) besama anggotanya melihat kejadian ini langsung kelapangan.Kemudian bersama warga Desa Asemrudung mengumpulkan sak atau karung bekas yang diisi tanah untuk membendung jalan yang sudah longsor,kemudian mereka membuat trucukan berupa bambu didirikan dan anyaman untuk sementara menahan terjadinya longsor susulan.(RH Goes)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...