Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , » Dalam Hitungan Jam Kasat Sabhara Polres Grobogan AKP Lamsir Berhasil Menghajar Mundur Demonstran

Dalam Hitungan Jam Kasat Sabhara Polres Grobogan AKP Lamsir Berhasil Menghajar Mundur Demonstran

Simulasi Pendemo Berhasil Di Pukul Mundur Oleh Kasat Sabhara AKP Lamsir
Grobogan Metro Realita Cyber
Polres Grobogan Latihan Sispam kota dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Tengah pada rabu (14/2)2018 pukul 08.30 WIB.

Ada lokasi yang diprediksi menjadi sasaran demonstran menjelang Pemilu Gubernur 2018 nanti.Target Pendomo ada beberapa titik rawan diantaranya lokasi Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPUD)Grobogan dan Gedung DPRD Kabupaten Grobogan.

Dalam Acara Simulasi bertempat  Di Alun alun Purwodadi Grobogan Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano mengatakan."Kami telah mengkondisikan kemungkinan hal-hal tersebut melalui simulasi penanganan pendemo di lokasi kerawanan konflik simulasi ini adalah untuk menciptakan kondisi yang sebenarnya akan terjadi.Sehingga pihaknya
mengetahui tahapan-tahapan yang akan dilakukan mulai dari pengerahan personil dan tahapan penempatan personil di waktu yang strategis untuk menjangkau lokasi yang diprediksi tersebut,kami juga mengucapkan terima kasih pada  persan serta TNI ,Polri,Satpol PP dan dukungaan dari Ketua Parpol yang hadir disini."Ungkapnya

Pukul 08.00 WIB ribuan masa bergerak di Jalan Raya Alun Alun Purwodadi hingga depan KPU di jalan S.Parman selanjutnya Polisi Lalu lintas Purwodadi langsung didepan  mengamankan di beberapa titik kemacetan blokade jalan dan  mengalihkan rute kendaraan agar aman dan tak terjadi kemacetan.

Saat ribuan masa bergerak maju Polisi sabhara Polres Grobogan yang dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Lamsir mengambil komando siaga untuk kekuatan dilakukan oleh masing masing komendan kompi.

Masa yang anarkis berhasil dibendung namun terjadilah pendemo lempar batu dan botol pada pasukan dalmas sabhara.

Melihat kekuatan masa makin banyak dan tak terbendung  Kasat Sabhara AKP Lamsir langsung memerintah dalmas inti menuju sasaran.

Dengan satu Komando AKP Lamsir menggunakan Mega Phoene dan berteriak lantang dan keras ."Pengunjuk rasa agar segera tertib dan segera membubarkan diri."

Karena kekuatan tak seimbang pasukan Dalmas Polres Grobogan menjadi korban lemparan batu dan botol kerena kebrutalan pendemo.

Lamsir ambil tindakan langsung untuk melindungi anggotanya yang sebagian luka akibat perkelahian dengan demonstran kemudian mengerahkan 1/8 kekuatan dalmas menggunakan Anjing pemburu dengan tujuan membubarkan masa.

Hingga kekuatan ketiga masuk dengan pasukan penembak jitu dengan menggunakan peluru karet dan gas airmata.
Penembak jitu dan gas air mata menggunakan kendaraan trail masuk bergerak maju namun kondisi seperti ini hanya bisa menghalau sebagian pendemo saja.

Dan pendomo akhirnya anarkis membakar semua yang ada di dekatnya dan merusak fasilitas umum.Pembakaran tindak kejahatan konvesional mulai terjadi.

Hingga Pukul 09.30 WIB kekacauan terjadi di sejumlah titik rawan.Sementara proses simulasi penanganan pendemo ini berjalan tepat pada sasaran.
Akp Lamsir mengerahkan pasukan mobil water canon dan anggota Sabhara bergerak maju di sebelah samping Kendaraan tersebut,karena pembakaran terjadi disepanjang jalan alun alun Purwodadi.Kali ini Penggunaan kekuatan menyemprotkan gas water canon dapat memecah belah kekuatan masa tersebut.

Karena pendemo melakukan  pembakaran fasilitas umum yang membahayakan fasilitas umum hingga Pukul 11.00 WIB Dalmas maju medesak pada pengunjuk rasa bergerak bareng  kendaraan Water Canon yang mengangkut 10 pasukan Sabhara Profesional membawa
Kapasitas 4000 liter bertekanan16 bar dilengkapi  Kamera V Joy stick pengatur arah dapat mengeluarkan Penyemprot gas air mata Air Conditioning.

Namun yang terjadi pukul 11.30 WIB pendemo bubar dan banyak yang tepental akibat melawan Water Conan yang memiliki daya Semprot 16 Bar.

Setelah kejadian tersebut dijalan S Parman Purwodadi banyak Pendemo yang terluka,kemudian Pukul 12 .00 WIB datang tim inafis dan ambulance untuk olah TKP,membawa korban yang tertembak dan memeriksa barang bukti.
Pesawat tanpa awak Drone dari Kepolisan Polres Grobogan bergerak muncul di segala penjuru untuk merekam keadaan dilapangan membuat laporan.


Setelah situasi terkendali Kasat Sabhara AKP Lamsir melaporkan ke Polres Grobogan bahwa keadaan tertib dan masa sudah didorong di tempat aman.

Kapolres Grobogan setelah selesai acara Simulasi ini mengucapkan terima kasih kepas semua pihak,karena  dalam pelaksanaan berjalan tertib,lancar,sangat kompak dan terkendali, disini terlihat sinergitas TNI dan Polri sangat solid.
Disini juga anggota polsek di 19 Kecamatan Kabupaten Grobogan dan semua anggota Polres bisa bertemu membaur dalam Sispam Pengamanan Pilgub Jateng.Saya berterima kasih kepada semua Kapolsek mendukung personelnya dapat hadir dan Wakpolres yang dapat memberi fasilitas  perlengkapan dari sound sistem,personil pengerahan masa dan tempat.Untuk satpol PP, KPU dan tamu undangan lain serta  Ketua Partai yang hadir disini dapat melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan simulasi ini." Ungkap Kapolres.(Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...