Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , , , » Asean Games Mengambil Sumber Api Abadi Mrapen Grobogan

Asean Games Mengambil Sumber Api Abadi Mrapen Grobogan

Asean Games Mengambil Sumber Api Abadi Mrapen Grobogan
Grobogan Metro Realita Saber Cyberthug
Warga Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, layak bangga karena api obor Asian Games 2018 diambil dari sumber api abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan.
Rabu (18/7/2018), rombongan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menginjakkan kaki di obyek wisata kesohor di Grobogan itu.
Dalam kesempatan itu hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, Wakil Kepala Polri Komjen Pol Syafruddin, Ketua Komisi x DPR RI Djoko Ujianto dan Ketua umum INASGOC Erick Thohir.
Hadir pula Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Grobogan Sri Sumarni, Bupati Demak M Natsir serta jajaran petinggi TNI dan Polri di Jateng.
Bahkan tujuh Putri Indonesia juga hadir, yaitu Ika Fiyonda Putri (2007), Zivanna Letisha (2008), Qory Sandioriva (2009) Whulandary Herman (2013), Olvah Alhamid (2015), Kezia Warouw (2016) dan Bunga Jelita (2017).

Sejak pagi, ratusan warga memadati kawasan obyek wisata Api Abadi Mrapen. Personel TNI dan kepolisian pun disiagakan menyebar di sejumlah titik lokasi. Kegiatan ini berlangsung semarak dan kondusif. Sejumlah awak media asing pun terlibat mendokumentasikan proses pengambilan api Asian Games itu

Usai membuka acara, Puan Maharani berkesempatan menyulutkan kayu kecil ke sumber api di api abadi Mrapen dengan didampingi perwakilan salah satu Putri Indonesia. Nyala api di kayu itu lantas ditransmisikan ke dalam tinderbox yang telah disediakan.
Puan selanjutnya menyerahkan tinderbox kepada Ganjar Pranowo. Oleh Ganjar, tinderbox itu kemudian diberikan kepada petenis Legendaris, Yustedjo Tarik.
Api abadi Mrapen lalu dibawa menuju Semarang oleh Yustedjo dengan menumpang kendaraan roda empat. Sesampai di Semarang, api diserahkan kepada mantan atlet tenis kelas dunia, Yayuk Basuki. Setelah itu, api diserahkan ke Semarang Hendrar Prihadi. Api di tinderbox kembali diserahkan kepada Yustedjo Tarik untuk dibawa ke Prambanan.
Di Prambanan, api abadi Mrapen kemudian dipertemukan dengan api Asian Games dari India yang telah tiba terlebih dahulu di Yogyakarta. Di Prambanan, kedua api akan disatukan sebagai tanda kesiapan Indonesia untuk menggelar Asian Games.
Api kemudian dikirab keliling Indonesia, mulai dari DIY menuju Stadion Sriwedari sebagai tempat bersejarah bagi olahraga Indonesia. Stadion itu adalah tempat Pekan Olah Raga Nasional (PON) pertama kali digelar.
Dikirab ke sejumlah kota
Selanjutnya api dibawa menuju beberapa kota di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat,  Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Pekanbaru, Jambi dan Sumatera Selatan.
Sesampai di Kota Palembang, Sumatera Selatan, ada 4 hingga 5 kabupaten/kota yang akan dilalui oleh rombongan kirab api obor Asian Games 2018.
Dari Palembang, api dibawa menuju Bandar Lampung dan diseberangkan ke Pelabuhan Merak, Banten, Serang pada 9-10 Agustus. Setelah keliling Serang, api langsung dibawa ke Purwakarta guna mengikuti Festival Citarum dan lanjut menuju Kota Bandung dengan finish di Gedung Sate.

Pada 17 Agustus, api akan dibawa ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu untuk ikut dalam upacara bendera HUT RI. Dan, sorenya, api akan dibawa ke Istana Negara. Prosesi serah terima api dari Presiden ke Ketua Panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) digelar pada saat upacara penurunan bendara pusaka di istana.
Pada 18 Agustus, api menginap di Balai Kota Jakarta, lalu akan dibawa oleh Torch Barrer bersama 2018 pelari lainnya menuju GBK. Lalu api akan dinyalakan dua torch ambassador pada saat upacara pembukaan Asian Games 2018. Total daerah yang akan dilewati api Asian Games 2018 adalah 53 kabupaten/kota di 18 provinsi.
"Atlet Indonesia harus terus bersemangat yang menggelora seperti api abadi yang terus menyala. Harumkan nama Indonesia di Asian Games 2018," tegas Sutedjo.Sbr.Kom(Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...