Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , » Slametan 500 Ingkung Untuk Sedekah Bumi Di Guci Godong

Slametan 500 Ingkung Untuk Sedekah Bumi Di Guci Godong

Warga Guci Godong Slametan Potong 500 Ekor Ayam 
Metro Realita Saber Cyber
Tradisi yang diwariskan oleh ajaran agama dari leluhur merupakan tradisi yang lahir setelah masuknya pengaruh Islam di Jawa, maupun tradisi adalah perpaduan dari
ajaran leluhur dengan ajaran agama.

Salah satunya adalah tradisi Apitan yang pelaksanaanya di antara dua hari raya Islam, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.

Karenanya tradisi yang terjepit itu disebut Apitan atau pada bulan Dzulko'dah dalam kalender Islam dan orang-orang Jawa biasa menyebutnya bulan Apit yang biasanya digunakan untuk acara sedekah bumi selamatan yang bertujuan untuk mensyukuri nikmat Sang Pencipta.

Tepat pada Senin Pon (6/8)2018 pukul 08.30 WIB Warga Desa Guci, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah menggelar tradisi sedekah bumi Apitan yang berkumpul di jalan perkampungan setempat.

Dalam tradisi budaya yang berusia ratusan tahun itu, ratusan warga Desa Guci bersama-sama menyantap 500 ekor ayam kampung yang dimasak utuh dengan bumbu yang dimasukkan dalam tubuh ayam.
Kemudian setelah dibumbui dan di masak kemudian ingkung disajikan dengan nasi, oseng tempe, mie goreng, tempe dan tahu dengan dibungkus daun pisang.

Setelah melakukan Do'a bersama kemudian dimakan beramai ramai dan sebagian ada yang dibawa pulang.Hal ini sebagai bentuk rasa syukur warga atas hasil pertanian yang melimpah di Desa Guci Kecamatan Godong.

Bambang (43)warga Desa Guci Godong saat acara Apitan mengatakan."acara sedekah bumi dilakukan sudah turun temurun dan ini bentuk rasa syukur masyarakat atas pertanian yang subur makmur gemah lipah loh jinawai dengan memotong 500 ekor ayam."ungkapnya (Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...