Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , » Ngalap Berkah Berebut Nasi Kuning Dan Minum Air Sendang Nawangwulan Pada Muharam 1440 H

Ngalap Berkah Berebut Nasi Kuning Dan Minum Air Sendang Nawangwulan Pada Muharam 1440 H

Ngalap Berkah Berebut Nasi Kuning Dan Minum Air Sendang Nawangwulan Pada Muharam 1440 H
Grobogan Metro Realita Cyber
Sendang Dewi Nawangwulan yang terletak di Desa Sreman Dukuh Pojok Kecamatan Tawangharjo pada bulan Muharam Suro 1440
Hijriah dipenuhi oleh pengunjung pada Kamis malam (20/9)2018 pukul 11.30 WIB siraman dan makan nasi kuning memperingati kultur budaya sebagai pelestarian tradisi masyarakat Kabupaten Grobogan

Malam ini acara ritual siraman  serta syukuran berupa Nasi Kuning tepat berada dedepan Sendang Tarub yang sudah disiapkan pada lesehan di dalam joglo kecil berukuran 7 x 8 m.

Acara baru dimulai setelah Krt Hartono Adipuro juru kunci makam Ki Ageng Tarub datang  dan bertemu dengan Juru Kunci Sendang Dewi Nawangsih kelokasi yang diikuti bersama  rombongan dengan membawa sedekah bumi tumpengan Nasi Kuning kemudian langsung melakukan ritual  Do'a bersama. Setelah memotong tumpeng dan membagikan makanan kepada tamu yang hadir tepat pukul 24.00 WIB pintu masuk sendang Nawangsih dibuka kemudian Juru kunci berjalan masuk kedalam sendang yang diikuti rombongan peziarah yang ikut melakukan do'a bersama dengan ritual bunga yang dilanjutkan dengan jamasan mandi bersama.

Sebagian pengunjung malam ini banyak yang dari luar kota dan caleg bahkan mereka yang hadir ada yang hanya membasuh muka serta kaki bahkan ada yang langsung minum air sendang di sumur tersebut.

Sendang tempat bertemunya Jaka Tarub dan Bidadari Nawangwulan kemudian memiliki anak Nawangsih dianggap masyarakat tempat yang sakral.Sendang tersebut terletak  disamping pohon ringin berjarak 2 meter,sedangkan sumber mata air dari sumur tersebut berjarak 1 Meter dari sendang.

Juru kunci sendang bidadari Nawangwulan Mbah Supar Bin Sapura(57) warga Dukuh Sreman Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah rumahnya hanya berjarak 500 m dari Sendang tersebut.

Mbah supar sudah bekerja membersihkan sendang Nawangwulan sudah 10 tahun  hingga dapat menghidupi keluarga serta menyekolahkan kedua orang anaknya.Mbah Supar sebelumnya mengganti  juru kunci sendang bidadari tersebut mbah Sukardi Bin Masrum (58) warga dukuh Sreman Desa Pojok Rt 03 Rw 08 Kecammatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

Setiap hari baik siang bahkan malam juru kunci bertugas bersih bersih seperti menyapu daun kering dari lebatnya pohon yang mengelilingi sendang,bahkan melayani tamu dari dalam kota maupun luar kota yang butuh air sendang untuk dibawa pulang ,membuka pintu pagar dan menghidupkan lampu penerangan.

Saat ditemui Mbah Supar mengatakan."saya mulai bekerja sejak tahun 2008 sebagai penjaga sendang dan membersihkan kolam.Dahulu sendang Nawangwulan ini belum dipageri dan kolamnya masih alami.Namun setelah dipugar sendang Nawangwulan ini sudah dibangun pagar keliling tinggi hingga 2.5 meter,serta sendang tersebut dipondasi,sebelah utara jarak 5 meter diberi bangunan yang manfaatnya untuk mandi yang diambil dari sumber sumur air sendang tersebut,pekerjaan saya setiap hari keliling kontrol mengganti seperti yang dilakukan juru kunci yang lama.Sendang Nawangwulan banyak dikunjungi tamu dari luar kota bahkan tamu dari luar Negeri ,seperti tamu dari bali kalimantan jakarta,bahkan dari Malasia Datuk Husein.Biasanya tiap bulan Suro Muharam ada ringgit wayang kulit namun sudah tiga tahun ini ringgit wayang kulit tidak ada."kata juru kunci.

Lokasi dan jalan masuk menuju  sendang sudah bagus,bahkan jalanya sudah dicor namun arah ke sendang sekitar 2 Km masih bebatuan terjal dibangun sejak tahun 2013 hingga kini belum ada sentuhan Pemkab Grobogan.Sedangkan jarak sendang Nawangwulan dengan makam Ki Ageng Tarub sekitar 1 Km bahkan di lokasi sendang Nawangwulan ada kamar mandi,predikan pendopo kecil untuk istrihat semuanya terletak di tanah bondo deso Desa Sreman Pojok.

Acara ritual siraman,ruwatan malam ini berjalan lancar meski parkiran mobil memadati lokasi tersebut saat ditemui Babinsa Tarub Tawangharjo  Sertu Sugeng mengatakan."acara berjalan lancar bahkan pengunjung malam ini sebagian membawa botol aqua kosong untuk di isi air dari sendang Nawangwulan.Setelah makan tumpengan acara dilanjutkan ziarah menuju Makam Ki Ageng Tarub."jelas Babinsa Tarub (Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...