Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » » Petani Grobogan Tak Cemas,Mulai Masa Tanam Mencari Pupuk Dan Panen Selalu Didampingi Babinsa"Desa Genuksuran Panen Jagung Berkah Melimpah"

Petani Grobogan Tak Cemas,Mulai Masa Tanam Mencari Pupuk Dan Panen Selalu Didampingi Babinsa"Desa Genuksuran Panen Jagung Berkah Melimpah"

Hati Petani Desa Genuksuran Lega,Panen Jagung Hasilnya Berlimpah  
Metro Realita Cyber
Musim panen jagung di Kabupaten Grobogan pada sabtu(29/9)2018 telah tiba.Jagung merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak ditanam warga Desa Genuksuran Kecamatan Purwodadi
Kabupaten Grobogan

Panen hari ini di Desa Genuksuran hasilnya bagus,berlimpah dan mudah dipasarkan.Biasanya warga menanam jagung bergilir dengan musim tanam padi.Dan sebelum ditanami,tanah diratakan terlebih dahulu kemudian dibuat pematang untuk menanam. Setelah tanah selesai diolah lalu bibit jagung baru bisa ditanam hingga tumbuh sampai 2,5 bulan sebelum dipanen.

Setelah tiba musim panen petani Desa Genuksuran lebih dulu membersihkan kotoran yang menempel di jagung lalu memipil biji jagung sebelum menjual hasil panen mereka ke tengkulak.

Babinsa Desa Genuksuran, Serda Sunardi, anggota Koramil 0717 Purwodadi nergerak lebih cepat mendampingi petani untuk mengupas jagung di areal sawah seluas 1 hektar, milik Sungkono(47) warga Desa Genuksuran Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan.
Nampak disini Serda Sunardi dan petani bekerja sama mengupas dan memipil biji jagung serta membersihkan bulunya dengan penuh semangat, mengingat hasil panen kali tahun ini memuaskan.

Saat dilapangan Babinsa Serda Sunardi mengatakan, sebelum dipanen, kelobot buah jagung di kupas dan di pangkas tebon bagian atasnya.Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pengeringan jagung. Setelah beberapa hari di pohon dan bijinya telah mengering barulah dilakukan pemetikan.
“Pemetikan buah jagung yang dilakukan dengan memetik buahnya saja untuk lebih mudah diangkut menggunakan keranjang ataupun karung.Setelah selesai buah jagung yang telah dikemas dalam karung, diangkut dengan menggunakan sepeda motor, ataupun dipikul ke rumah pemilik lahan.Sesampainya di rumah, jagung yang masih berupa tongkolan langsung dijemur untuk mengantisipasi adanya biji yang belum kering,”ungkap Serda Sunardi.

Sungkono(47) pemilik lahan merasa sangat senang dengan pendampingan Babinsa Koramil Purwodadi,sebab pekerjaan menjadi cepat selesai karena mendapat tambahan tenaga dan terasa tidak ada jarak diantara kita sehingga segala kendala apapun yang di alami petani selalu dapat terselesaikan.Jika pada saat tanam jagung petani tidak pernah kesulitan dalam memperoleh pupuk ataupun obat-obatan.Hal ini tentunya berkat turut campurnya Babinsa dalam upaya khusus mensejahterakan para petani guna mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan khususnya Pajale (padi, jagung dan kedelai),”ujarnya.Dengan turunnya Babinsa ke sawah membantu petani tentu saja memberi semangat tersendiri bagi para petani.Meskipun panas menyengat tak pernah dihiraukan semangat Babinsa sungguh luar biasa,”kata Sungkono.(Pend/Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...