Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , » Bersama TNI dan Petani Karangrayung Giat Gropyokan Tikus

Bersama TNI dan Petani Karangrayung Giat Gropyokan Tikus

Bersama TNI dan Petani Karangrayung Giat Gropyokan Tikus
Grobogan Metro Realita Cyber
Dalam aksi gropyokan memberantas hama tikus di areal
persawahan, Desa Putatnganten, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan.Aksi gropyokan dilakukan anggota TNI dari Koramil 0717/14 Karangrayung Serda Hadi P. bersama puluhan petani serta petugas Dispertan Grobogan, pada Selasa sore  (27/11) pukul 17.00 WIB.

Gropyokan yang merupakan tradisi petani untuk memberantas tikus, dilakukan bersamaan memasuki musim tanam rendeng 2018-2019. Gropyokan tikus dilakukan dengan beberapa cara,salah satunya dengan menggali lubang tikus kemudian menggebuk tikus saat keluar dari lubangnya.

Cara lain yaitu dengan mengisi lubang-lubang tikus dengan air kemudian tikus yang keluar dari lubang langsung dipukul dengan kayu.Cara lainnya yakni dengan menggunakan emposan dengan racun tikus.

Danramil 0717/14 Karangrayung, Kapten Inf Edi Hermanto, aksi gropyokan dilakukan untuk menyelamatkan areal pertanian di Kabupaten Grobogan dari ancaman serangan tikus. "Jika ancaman serangan tikus tidak segera kita atasi, akan menjadi ancaman di masa tanam hingga menyebabkan gagal panen," ujar Danramil.

Nasroh petugas dari Dispertan Kabupaten Grobogan mengatakan, ancaman gagal panen dipastikan akan membuat para petani mengalami kerugian.Kerugian yang dialami petani jika sampai mengalami gagal panen bisa mencapai Rp 20 juta per hektare. "Nilai kerugian sebesar Rp 20 juta per hektare itu bukan nilai yang kecil. Ancaman serangan tikus ini memang sangat meresahkan jika tidak dikendalikan sejak saat ini," kata Nasroh.

Daslan ketua Poktan, menambahkan, tikus merupakan binatang yang cerdik dan perkembangbiakannya sangat cepat.Jika dibiarkan, bisa menyebabkan puso atau gagal panen. "Serangan tikus bisa terjadi sejak awal tanam sampai jelang panen," kata Daslan.(Pend/Gus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...