Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , » Kodim 0717 Purwodadi Menyuarakan Pelayanan Pertanian Padi Terpadu

Kodim 0717 Purwodadi Menyuarakan Pelayanan Pertanian Padi Terpadu

Kodim 0717 Purwodadi Menyuarakan Pelayanan Pertanian Padi Terpadu 
Grobogan Metro Realita Cyber
Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) yang dipertanggung jawabkan kepada
Kodim 0717/Purwodadi yang terletak di  Desa Pucang, Kec/Kab. Grobogan telah dioperasionalkan dengan memproses gabah menjadi beras sebanyak satu ton per hari.

Kamis pagi (29/11)2018 pukul 09.30 WIB Kompleks Asrama Kodim 0717/Purwodadi, yang dulu ditempati Kompi Senapan C/Yonif 410/Alugoro, kembali semarak sejak dibagun perumahan anggota Kodim dan dipakai untuk tempat Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu serta Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPO).

Kapten Inf Sunoto mengatakan."Ada empat kegiatan dari hulu ke hilir untuk menghasilkan beras siap jual, meliputi mekanisasi semai, membuka lahan, pengeringan melalui lantai jemur maupun oven, sampai penggilingan.
Kodim 0717/Purwodadi sudah mempunyai struktur organisasi yang menjalankan rantai produksi Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu sehari-hari meliputi Ketu/Wakil Ketu, Sekertaris, Bendahara, Seksi Pengadaan Barang, Seksi Produksi, Seksi Alsintan jabatan tersebut diisi oleh 7 orang TNI selebihnya warga sipil yang diberdayakan untuk membantu, dengan tujuan kelak para warga, “Bisa kecipratan ilmu dan mandiri kelak dikemudian hari,SP3T yang dimiliki Kodim 0717/Purwodadi diantaranya berupa traktor untuk mengolah lahan meliputi traktor roda dua 5 unit, traktor roda empat 2 unit, pompa air 10 unit, alat pembibitan (Grain Seeder) 1 unit, tray (baki) 1.575 set, alat untuk basmi hama (Hand spryer) 65 set, mesin pemanen padi (Combine Harvester) 2 unit yang bisa rata memanen gabah,  gedung 1 unit, alat pengering padi (Dryer + Husk Furnace) 1 unit, pengiling RMU (Rice Mill Unit) 1 unit memakai tenaga listrik, sehingga fisik mesin penggilingan lebih ringkas dan efisien,serta alat kemas yang disewakan untuk umum dengan biaya dibawah standard.
 “Bagi siapa saja yang berminat untuk kerja sama bisa datang ke Makodim 0717/Purwodadi dengan menemui Pasiter Kapten Inf Muh Jumar atau Danramil 02/ Grobogan Kapten Inf Sunoto selaku Ketua,” pungkasnya.

Pasiter Kapten Inf Muh Jumar mengatakan," tren di seluruh perdesaan di Indonesia, tenaga kerja buruh tani dari waktu ke waktu semakin langka di Grobogan. Hanya orang-orang lama yang masih bersedia mengambil pekerjaan sebagai petani. Para pemuda hampir enggan, memilih kerja bangunan yang dianggap punya derajat lebih baik dibanding harus berkubang lumpur di sawah.
Tenaga buruh tani untuk musim tanam saja, para petani di sini lain sering mendatangkan dari luar desa. Gabungan kelompok tani bukan tak punya alat-alat semi-modern, tetapi lantaran kesulitan buruh tani, praktis mereka juga sulit mengoperasikan dan membagi tenaga."Dengan adanya alat moderen SP3T yang dioperasionalkan oleh anggota Kodim 0717/Purwodadi sangat membantu petani yang berada di Grobogan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, sekaligus menghilangkan anggapan bahwa profesi petani adalah kaum yang mempunyai status sosial kalangan bawah karena dinilai dari perekonomian dan pendidikan, mereka sudah membuka diri dengan teknologi serta berpenghasilan tinggi,” pungkas Pasiter.(Pend/Gus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...