Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , » Naas Dentuman Keras Terjadi Di Desa Lemah Putih Brati...! Rumah Limasan Saat Direnovasi Roboh Menghantam 5 Pekerja Dan Pemilik Rumah

Naas Dentuman Keras Terjadi Di Desa Lemah Putih Brati...! Rumah Limasan Saat Direnovasi Roboh Menghantam 5 Pekerja Dan Pemilik Rumah

Kapolsek Brati AKP Sugiyanto SH Langsung Selamatkan pekerja yang terkena robohnya rumah.
Grobogan Metro Realita Cyberthug
Saat direnovasi rumah milik
Sudarja Bin Rakijan (55) Dusun  Mlakas RT 03 RW 02, Desa  Lemahputih, Kecamatan Brati Kabupaten
Grobogan Jawa Tengah langsung roboh menimpa pekerja bangunan kejadian pada Jumat siang (30/11)2018 Pukul  10.30 WIB

Awalnya rumah milik Sudarja teraebut mulai diperbaiki direnovasi sejak hari Rabu (28/11)2018.Hingga sampai Jumat (30/11)2018 Pemilik rumah  meminta bantuan kepada keluarga dan tetangga dekat sebanyak 10 orang untuk kerja bareng gotong royong (sambatan jawa -Red) bersama sama memperbaiki rumah yang berbentuk Limasan ukuran Panjang 9 M lebar 9 M, tiang rumah erbuat dari kayu jati ukuran 10x10 Cm tinggi 3,5 M.

Namun setelah mengerjakan rumah tetsebut Sudarja juga menggunakan tenaga  tukang batu dan kayu inti sebanyak 3 orang.

Setelah rumah diperbaiki tersebut sudah berhasil dinaikkan dengan menggunakan dongkrak disertai tiang penyangga yang terbuat dari potongan batang  bambu setinggi 40 Cm.

Tahap demi tahap sudah berjalan setelah dinding rumah juga sudah dilepas namun  gendeng masih terpasang diatas atap rumah.

Pengerjaan renovasi terus berjalan sampai hari Jumat pagi (30/11)2018 pukul 07.30 WIB rencananya akan memasang pondasi slub rumah dari bagian sisi selatan dengan menggunakan pekerja tetap semula yang dibantu oleh  keluarga dan tetangga sebelah.

Namun pada saat kejadian sudah terpasang tiang penyangga potongan bambu sebanya 8 (delapan) titik tiang rumah bagian selatan.

Sedangkan 8 (delapan) titik tiang lainnya yang ada di sebelah tengah bagian utara dan tiang rumah masih berdiri tegak yang menggunakan landasan ompak terbuat dari cor.

Karena sisi dinding pada bagian sudah dilepas kemudian hendak melepas tiang yang lain bertujuan agar pemasangan  pondasi dan slub tidak terhalang sehingga Ahmad Mardi menaiki tangga akan melepas pasak  nagel di tiang rumah dengan cara memukul nagel menggunakan palu sedangkan tukang yang lainya seperti  Sutoyo(34)Sugiyanto (43)dan Rustam (35) memegangi tiang rumah yang akan dilepas pasaknya sengan cara meng-goyang tiang perlahan lahan sehungga bambu penyangga tersebut bergerak dan meleset.

Akhirnya secara perlahan rumah roboh ke arah selatan san menimpa para pekerja yang berada dibawahnya.

Saat kejadian amvruknya rumah sangat cepat sehingga Sulasih (istri pemilik rumah) yang sedang memasak di dapur juga tertimpa rumah tersebut.Akibat kejadian tersebut pemilik rumah Sudarjo diperkirakan mengalami kerugian ± Rp 20jt.

Melihat kejadian ini warga saksi Jasni Bin Simin (46) Tamtomo Bin Rustam (32) dan Nur Hidayat (35)tetangga dekat warga Dusun Mlakas RT.03 RW. 02, Desa Lemahputih Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan langsung melaporkan kejadian ini ke Ka SPKT III Aiptu Agus Riyanto. Kemudian kemudian Kapolsek Brati AKP Sugiyanto SH bersama 6 anggota bergerak cepat mendatangi TKP untuk menyelamatkan korban.Mendata dan mengecek korban dan Membawa BB ke Polsek Brati berupa 2 (dua) batang potongan bambu
panjang ± 3 meter,2 (dua) buah dongkrak manual terbuat dari                      besiber-ulir ber drat.
Sedangkan korban yang tertimpa rumah roboh adalah Sugiyanto Bin Rakijan (45)warga Dusun Mlakas RT 03 RW.02 desa Lemahputih mengalami Luka Patah tulang kiri bawah sadar         dirawat di RS Kustati Solo,Ahmad Mardi Bin Wagimin (40)warga Mlakas RT. 03 RW. 02 desa  Lemahputih Mengalami Luka sobek 4 Cm diatas pelipis sebelah kiri dijahit 4 masih  keadaan sadar di rawat di RSUD Purwodadi,Rustam Bin Jono (55) warga Mlakas RT.03 RW. 02, desa Lemahputih Mengalami luka pada tulang pangkal lengan tangan kiri meleset/terkilir dn dirawat di sangkal Putung/pengobatan alternatif Hj. Suhartini di Dusun Gebangan Desa Putat, Kecamatan Purwodadi Grobogan,Sutoyo (50)warga Mlakas RT.03 RW. 02 Lemahputih, Kec.Brati dalam keadaan sadar, mengalami rasa sakit di bagian tulang belakang bawah dirawat di sangkal putung ibu Hj. Suhartini dsn. Gebangan desa Putat kec. Purwodadi kab. Grobogab dlm keadaan sadar.Sulasih Binti Senen (istri pemilik rumah An. Sudarjo) 52 tahun warga Mlakas RT. 03 RW. 02, desa Lemahputih mengalami memar di dahi dan lengan tangan kanan sadar di rawat di rumah.(Bagus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...