Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , , , , , , » Polsek Geyer Berhasil Ringkus Pelaku Ilegal Logging Kayu 187 Batang 4,258 Kubik

Polsek Geyer Berhasil Ringkus Pelaku Ilegal Logging Kayu 187 Batang 4,258 Kubik

Polisi Polsek Geyer Berhasil Ringkus Pelaku Ilegal Logging Kayu 187 Batang 4,258 Kubik
Grobogan Metro Realita Cyberthug
Kasus ilegal logging tertangkap Polsek Geyer wilayah hukum
Polrea Grobogan Jawa -Tengah,tersangka mengangkut kayu sonokeling dengan menggunakan Kendaraan Truk dan bak di tutup dengan terpal tertangkap di Jalan raya Purwodadi-Solo Km.17 Dusun  Klampok Desa Geyer Kecamatan Geyer Kabupaten  Grobogan Jawa-Tengah.

Saat kejadian Rabu (19/6) 2019 pukul 16.30 Wib Arie Setyawan  Bun Sudoto (37) bersama kedua temanya yang lain yang bekerja sebagai Karyawan BUMN (KRPH Kedungombo BKPH Juworo KPH Gundih) warga Desa Pamotan RT. 01 RW. 05 Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang bersama Edi Pramono Bin Surahmat (43) warga Dusun Ngerdemak Rt 01/03 Desa Nampu Kecamatan karangrayung Kabupaten Grobogan dan Nurhadi Bin Kromodiharjo (49) warga Dusun  Jeruk Rt.05 Rw.07 Desa Monggot Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Jawa-Tengah.

Ketiga petugas BKPH Juworo KPH Gundih saat bertugas di Dusun Timongo Desa Monggot Kecamatan Geyer Kabupaten  Grobogan mendapat informasi dari KPH Purwodadi bahwa ada sebuah KBM Truk yang di kemudikan oleh Sugi Bin Sugamo (33) warga Dusun Gading Rt.05 Rw.07 Ds. Tambakselo Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan berjalan dari Kecamatan Wirosari menuju ke Kabupaten Sukoharjo yang mengangkut kayu hasil hutan Negara namun dokumen yang digunakan untuk mengangkut merupakan dokumen kayu dari hutan.

Mendengar informasi tersebut kemudian petugas BKPH Juworo KPH Gundih langsung bergerak menghubungi Pabin Polhut KPH Gundih dan selanjutnya bersama-sama melakukan penghadangan terhadap KBM truk tersebut di Jalan raya Purwodadi-Solo Km. 17 Dusun Klampok Desa Geyer Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan.

Dari berhasil penangkapan tersebut Polisi berhasil mengamankan 1 (satu) unit KBM Truk Mitsubishi Colt Diesel Nopol H-1903-CM Tahun 2010 warna kabin kuning merah warna bak biru, Noka : MHMFE74P5AK030922, Nosin : 4D34TF55790 yang memuat memuat 187 batang kayu sonokeling berbagai ukuran yang diduga kayu hasil hutan yang dipungut dan diambil secara tidak sah dan diangkut dengan menggunakan  dokumen yang tidak sah.Serta Nota Angkutan Hasil Hutan Kayu Budidaya yang berasal dari Hutan Hak (Berlaku sebagai DKP) Nomor : 00019 tertanggal 19 Juni 2019 yang memuat Asal Hasil Hutan Tujuan Pengangkutan serta jumlah, volume dan jenis kayu yang ditanda tangani oleh Pemilik Kayu Sudarmanto dan Daftar Kayu Bulat (DKB) Nomor : 00019 tertanggal 19 Juni 2019 pemilik Hutan Hak Sudarmanto warga Desa Kemiri Rt 03 Rw 03 Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah Kayu jenis Sonokeling jumlah 187 (seratus delapan puluh tujuh) batang dan kubikasi sebanyak 4,258 M³ (empat koma dua lima delapan meter kubik).

Saat penangkapan di lapangan pelaku menunjukkan Nota angkutan hasil hutan kayu budidaya yang berasal dari hutan, namun setelah dilakukan pengecekan asal dari kayu tersebut sesuai dengan lokasi yang tertera di Nota angkutan tersebut pemilik Hutan Hak Sudarmanto di Desa Kemiri Jepon Kabupaten Blora tidak ada ditemukan bekas tunggak kayu sonokeling di lokasi tersebut.

Ilegal loging yang tejadi adalah dengan sengaja memuat, membongkar, mengeluarkan, mengangkut, menguasai, dan/atau memiliki hasil penebangan di kawasan hutan tanpa izin lengkap (SKSHH) Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan hingga saat ini sudah diamankan ke Mapolres Grobogan.
Dari kejadian tersebut kerugian yang dialami Perum Perhutani kurang lebih Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

Setelah mendata saksi dan mengumpulkan barang bukti kemudian Kapolsek Geyer
AKP. Sugiyanto, S.H langsung melakukan Pemberkasan kemudian dikirim ke Sat Reskrim Polres Grobogan untuk penanganan lebih lanjut."dengan sengaja mengangkut, menguasai dan atau memiliki hasil hutan kayu tanpa dilengkapi dengan (SKSHH) Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan,Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat (1) huruf (a) lebih subs 83 ayat (1) huruf (b) Undang-undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan."tegas Kapolsek Sugiyanto (Gus Murgan).

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...