Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Ketrampilan    Hiburan    Lintas Pantura    Kuliner    Wisata Grobogan   
Home » , » Batik Grobogan Makin Berkembang Berinovasi & Bersertifikasi

Batik Grobogan Makin Berkembang Berinovasi & Bersertifikasi

Batik Grobogan Makin Berkembang Berinovasi & Bersertifikasi
Grobogan Metro Realita Cyberthug
Bila Masyarakat Kabupaten Grobogan Jawa -Tengah tertarik
belajar membatik monggo  datang ke kantor Disperindag Kabupaten Grobogan Jl. A. Yani No. 357 Nglejok Purwodadi.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Grobogan melaksanakan berbagai kegiatan yaitu diantaranya adalah Pelatihan Pembuatan Canting Cap Berbahan Kertas Limbah Kemasan.Dalam pelatihan pembuatan canting cap berbahan kertas limbah kemasan ini dilaksanakan di Omah Kreatif Dongaji milik Bapak Nurohmad yang berlokasi di Sawit, Sewon, Bantul DIY. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dengan jumlah peserta 10 orang dari KUB Batik binaan Disperindag Kabupaten Grobogan.

Di Omah Kreatif Dongaji inilah peserta dilatih membuat canting cap sendiri dan praktek mengecap dengan menggunakan canting cap kertas ,Pelatihan Pewarnaan Kombinasi Naptol Remasol
Proses pewarnaan naptol dan remasol merupakan perpaduan metode colet dengan celup yang dapat mempercepat proses pewarnaan kain batik. Pelatihan dilaksanakan di KUB Batik Flamboyan Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dengan instruktur Nunung Wijayanti (46) ketua KUB Batik Flamboyan Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.Jumlah peserta 10 orang dari KUB Batik di Kecamatan Purwodadi selain itu juga diadakan kegiatan sosialisasi Sertifikasi Batik Mark karena parameter daya saing adalah kepastian/jaminan mutu produk.Salah satu upaya memberikan jaminan mutu produk adalah melalui sertifikasi.Sertifikasi untuk produk batik adalah melalui Sertifikasi Batik Mark Batik Indonesia.Batik Mark adalah tanda yang menunjukkan identitas dan ciri batik buatan Indonesia yang terdiri dari 3 jenis yaitu batik tulis, batik cap dan batik kombinasi dengan hak cipta No.034100 5 juni 2007.
Sosialisasi Sertifikasi Batik Mark dilaksanakan pada  Senin 2019 dengan narasumber Ibu Ulfi Khabibah dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Peserta sosialisasi adalah IKM Batik binaan dan OPD terkait seperti Bappeda, Bagian Perekonomian SETDA, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Grobogan.Hal ini bertujuan membangun Komitmen Bersama Paguyupan Batik Bersemi Kabupaten Grobogan
Paguyupan Batik Bersemi Kabupaten Grobogan merupakan sebuah organisasi yang mewadahi Kelompok Usaha Bersama (KUB) batik dan tenun binaan Disperindag Kabupaten Grobogan. Paguyupan ini beranggotakan 22 KUB dari seluruh wilayah Kabupaten Grobogan.
Dalam rangka membangun komitmen paguyupan dirumuskanlah visi misi dan AD/ART Paguyupan Batik Bersemi Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung PPPIKM Dalmadi di Jl. Jend. Sudirman 13 Purwodadi. Melalui Paguyupan ini diharapkan KUB batik dan tenun di Kabupaten Grobogan dapat maju dan sukses bersama-sama.(Gus Murgan)

SHARE :
CB Blogger

Head Line Metro Realita

BERITA POLRI

BERITA TNI

NESTAPA

INFO BUNUH DIRI

KEJAHATAN KRIMINAL

BENCANA ALAM

KAPOLDA

KODAM IV DIPONEGORO

PARADIGMA

NASIONAL

LINTAS PERISTIWA

IKLAN PARIWARA

JUAL BELI

LOKER

BARANG DAN JASA

 
Copyright © 2015 Metro Realita News. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...